Bagaimana Cara Mengkritik Rekan Kerja Supaya Tidak Tersinggung? Lakukan Langkah Ini

Cara mengkritik rekan kerja agar tidak tersinggung
Sumber :
  • Pixabay

Gorontalo – Bagaimana cara mengkritik rekan kerja agar tidak tersinggung? Memang, rekan kerja yang baik syarat mutlak untuk membentuk tim kerja yang solid.

Sebab, rekan kerja yang baik mampu menghadirkan hubungan personal antar tim yang kuat. Ini tidak terjadi saat di dalam kantor, tapi juga di luar kantor.

Lalu, bagaimana jika dalam salah satu anggota tim atau rekan kerja melakukan kesalahan baik kecil maupun besar?

Idealnya, kita wajib mengingatkannya. Bukan Cuma mengingatkan, tapi juga membimbingnya. 

Takut dia tersinggung? Lakukan beberapa cara ini agar yang bersangkutan tidak merasa tersinggung. 

Pilih waktu yang tepat

Memilih waktu yang tepat sangat penting untuk memberitahu kesalahan rekan kerja kita. Kadang waktu yang tidak tepat itulah yang justru membuatnya merasa sangat bersalah, terkucilkan, hingga tidak bias menerima kritikan kita.

Apalagi dilakukan saat yang bersangkutan sedang dalam perasan emosi ata frustasi.

Memilih waktu yang tepat bukan berarti menunda memperbaiki kesalahan. Namun, menyelesaikan persoalan dengan kepala dan hati yang dingin lebih elegan disbanding mendahulukan emosi.

Berikan penilaian

Memberikan penilaian bukan berarti menggurui atau bahkan mencari siapa salah, siapa benar. Penilaian yang dimaksud adalah cara kita menanggapi kesalahannya.

Contohnya dengan menanyakan apakah kesalahan itu disengaja atau tidak. Apakah kesalahan itu baru yang pertama atau sudah berulang dilakukan. 

Lalu tanyakan apa penyebab kesalahan itu terjadi. Kalau dilakukan tanpa sengaja berarti itu murni karena faktor manusia. 

Namun, jika sudah berulang kali dilakukan, evaluasi sudah harus dilakukan.

Tawarkan solusi

Menawarkan solusi menjadi yang paling penting. Mengkritik tanpa memberikan solusi kadang membuat yang bersangkutan tidak mendapatkan apa yang diinginkan.

Memberi solusi juga menyiratkan sebuah pesan moral kepada kolega kita. Artinya, kita menganggap hubungan ini benar-benar sebuah tim.

Bersikap tegas dan lugas

Bersikap tegas bukan berarti mengatur rekan kerja secara berlebihan, sedangkan lugas artinya menyampaikan secara jelas apa yang menjadi kesalahan kolega kita.

Tambahlah dengan sedikit kata-kata yang memotivasi. Itu adalah cara mengkritik tanpa mengecilkan hati seseorang.

Jelaskan bahwa tindakannya yang salah, bukan orangnya. Jelaskan bahwa masalahnya bukan karena kekurangan kepribadian yang tidak dapat diperbaiki. Kalau perlu bagikan cerita Anda ketika dikritik karena hal serupa.