Timnas Indonesia Pimpin Klasmen Sementara ASEAN Para Games 2023 Kamboja

Kontingen Indonesia dalam ajang ASEAN Para Games 2023
Sumber :
  • Dok Kemenpora

Gorontalo – Tim Nasional Indonesia pada ajang ASEAN Para Games 2023 Kamboja masih berdiri kokoh di puncak klasmen sementara perolehan medali.

Mereka memperoleh tambahan perolehan medali emas pada hari pertama kompetensi se Asia Tenggara itu pada Minggi 4 Juni 2023.

Tercatat kontingan Indonesia sampai Minggu malam menduduki peringkat pertama dengan total perolehan 72 medali, yang terdiri dari 30 emas, 26 perak, dan 16 perunggu.

Tim nasional para-renang Indonesia berhasil menyumbang sembilan medali emas pada hari pertama kompetisi.

Jendi Pangabean menjadi aktor pembuka keran medali emas bagi Indonesia.

Prestasi juga diukir tim nasional Judo tunanetra atau blind judo Indonesia, yang dengan manis menyapu bersih medali emas pada lima kelas yang dipertandingkan pada hari pertama. 

Cabang olahraga para-atletik juga mempersembahkan delapan emas untuk Indonesia.

Demikian pula dengan para-angkat putri besi yang mampu menyumbang tiga medali emas, dan para-catur yang meraih empat emas.

Selisih raihan emas Indonesia semakin jauh dari peringkat kedua, yang menjadikan Merah Putih semakin nyaman duduk di puncak klasemen.

Sementara itu sejak Minggu siang, Timnas Indonesia terua memimpin klasemen. Perubahan kedudukan dalam klasemen terjadi di bawah peringkat kontingen Merah Putih. 

Vietnam menggeser Filipina untuk menduduki peringkat kedua, sedangkan Thailand dari posisi kelima melejit ke urutan ketiga.

Terjadi persaingan ketat di antara kedua negara tersebut, dengan Vietnam mengumpulkan 16 medali emas, sementara Thailand 15 medali emas.