Perayaan Kenaikan Isa Almasih di Meulaboh Berjalan Damai, Bukti Toleransi Kuat

Suasana perayaan Hari Kenaikan Isa Almasih di GMI Meulaboh
Sumber :
  • Chaidir

Gorontalo – Umat Kristiani di Aceh Barat merayakan peringatan Hari Kenaikan Isa Almasih dengan nyaman dan aman. Meskipun berada di daerah yang berpenduduk mayoritas muslim itu, umat Kristiani yang berada di Meulaboh dapat mekaksanakan ibadah di dua gereja di Kabupaten Aceh Barat.

Perbedaan Hijab dan Jilbab: Bentuk Ekspresi dari Iman dan Nilai Agama Muslimah

Toleransi yang sangat tinggi dalam kehidupan warga Aceh telah membuat umat kristiani di Meulaboh menjadi nyaman selama ini dalam merayakan hari-hari besar keagamaan, seperti hari ini dalam peringatan kenaikan Isa Almasih. 

Salah satu pendeta, Meggy, sangat bersyukur bisa menjalankan ibadah dengan nyaman meski berada di tengah umat muslim yang sangat taat, namun umat muslim Aceh sangat toleransi. 

Idul Adha 2023, Dewi Perssik Malah Kesal Gegara Hewan Kurbannya Ditolak Ketua RT

“Kami sangat bersyukur, bisa menjalankan ibadah dengan tenang dan damai di tengah umat muslim, ini adalah bukti toleransi yang cukup kuat, sehingga tercipta sikap saling menghargai," ucapnya, pada Kamis (18/5/2023).

Pendeta Gereja Methodist Indonesia Meulaboh ini juga mengucapkan apresiasi kepada pihak kepolisian Polres Aceh Barat, yang sudah bersusah payah memberikan pelayanan pengamanan untuk umat kristiani.

Aktivis Pro Israel: Panji Gumilang Contoh dalam Bertoleransi

"Kami juga mengucapkan rasa terimakasih kepada pihak polisi, telah memberikan palayanan dengan cara memberikan pemanganan yang sangat baik, sehingga kami merasa cukup nyaman," tambahnya. 

Sementara itu, Kapolres Aceh Barat, AKBP Pandji Santo, mengatakan, meski selama ini setiap perayaan hari besar keagaman umat kristiani berjalan dengan aman, namum pihaknya harus memberikan pengamanan yang terbaik, tanpa harus membedakan.

Halaman Selanjutnya
img_title