Pakai Cara Ini untuk Menghadapi Orang yang Banyak Bicara

Ilustrasi rapat
Sumber :
  • freepik

Gorontalo – Saat kamu berada di manapun itu, dalam rapat di tempat kerja atau saat kamu sedang mengobrol dengan rekan dan temanmu, terkadang ada orang yang banyak berbicara hingga melebihi batasnya. Tak jarang pula orang tersebut malah membuat kita merasa frustasi. 

Dramatis! Timnas Indonesia U-23 Kalahkan Korea Selatan U-23 Lewat Adu Penalti: 11-10

Hal ini tentu membuat kamu tidak bisa menyampaikan ide-ide yang kamu miliki, apalagi kalau ada batas waktu kesempatan untuk mengutarakannya. 

Lantas, apakah yang dapat kamu lakukan jika bertemu dengan tipe orang yang banyak berbicara tanpa memperdulikan pendapatan orang lain? 

Rafael Struick Brace, Timnas Indonesia U-23 Tim Pertama yang Bobol Korsel di Piala Asia U-23

Dilansir dari Fast Company, kamu bisa melakukan cara berikut ini untuk menghadapi orang yang banyak bicara dan tidak mau mendengarkan ataupun diinterupsi. 

  • Memberi jeda

Pilihan lain yang bisa kamu lakukan adalah memberikan dia menyelesaikan pemikirannya. Kemudian bertanya, “Apakah sudah selesai? Karena saya ingin menyelesaikan apa yang saya katakan juga”. Jika dia sudah mengatakan iya, maka saatnya kamu mulai berbicara. 

  • Menyiapkan kalimat tertentu
Timnas Indonesia U-23 Vs Korea Selatan U-23 Babak Pertama: 2-1, Rafael Struick Brace

Agar orang lain mengerti bahwa pembicaraannya sudah berlebihan, kamu bisa menyiapkan kalimat tersendiri untuk membuat orang tersebut sadar, sekaligus memberi tahu kalo sekarang ini adalah saatnya kamu yang berbicara, bukan dia. Misalnya katakan, “Hei, tolong berhenti berbicara, sekarang giliran saya".

  • Memperhatikan bahasa tubuh

Tidak hanya komunikasi verbal yang berpengaruh, komunikasi non verbal seperti bahasa tubuh pun memiliki makna. 

Ketika kamu ingin mengatakan sesuatu, selain mengangkat tangan, kamu juga bisa mencondongkan tubuh ke depan, melakukan kontak mata yang kuat, jika diperlukan kamu juga bisa menyentuh lengan lawan bicara. Jadi, jika kamu ingin merubah peran dari pendengar menjadi pembicara, tunjukkanlah hal itu.

  • Mengangkat tanganmu

Jika kamu tidak menemukan jeda sama sekali dan tidak ada kesempatan untuk menyela, maka kamu cukup mengangkat tangan saja. 

Semua orang dalam rapat atau obrolan ringan sekalipun, biasanya langsung merespons dengan cepat ketika ada orang yang mengangkat tangan. Ini adalah cara yang efektif untuk menunjukkan profesionalisme. 

Itulah beberapa hal yang dapat kamu lakukan ketika berhadapan dengan orang-orang yang banyak bicara dan sulit untuk diinterupsi!