BKSDA Aceh Evakuasi Orang Utan yang Terjerat di Kebun Warga

Dokumentasi Orang Utan di Stasiun Reintroduksi Jantho, Aceh Barat
Sumber :
  • Antara

Gorontalo – Satu individu Orang Utan Sumatera (Pongo Abelii) ditemukan terluka di kebun salah satu warga Bakongan, Kabupaten Aceh Selatan.

Harimau Sumatra Ditemukan Mati Terjerat Perangkap Babi

Tim Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) berhasil melakukan evakuasi terhadap Orang Utan yang terluka akibat terkena jerat tersebut.

"Evakuasi dilakukan setelah orang utan tersebut terjebak di kebun warga. Orang utan tersebut juga merusak tanaman jagung dan kelapa di kebun tersebut," kata Kepala BKSDA Aceh Gunawan Alza di Banda Aceh, Sabtu (3/6/2023).

Coach Justin Puji Shin Tae-yong Usai Timnas Indonesia U-23 Lolos Perempat Final: Anda Luar Biasa

Evakuasi dilakukan Tim BKSDA, jelas Gunawan, ketika mereka menerima informasi dari masyarakat bahwa ada satu individu Orang Utan berada di kebun salah satu warga Desa Ujung Mangki, Kecamatan Bakongan, Kabupaten Aceh Selatan.

Setelah mendapat informasi dari masyarakat, BKSDA Aceh lalu mengerahkan tim dari Resor Wilayah 16 Tapaktuan Seksi Koservasi Wilayah II untuk mengevakuasi satwa dilindungi tersebut pada Kamis (1/6/2023).

Marselino Ferdinan Ungkap 3 Hal Ini Bikin Timnas Indonesia U-23 Gacor Pol Lawan Yordania U-23

"Evakuasi juga melibatkan mitra, diantaranya Tim Forum Konservasi Leuser dan Tim Orangutan Information Centre. Tim berhasil mengevakuasi orang utan tersebut menggunakan senjata bius," kata Gunawan. 

Gunawan menjelaskan lebih lanjut, bahwa dari hasil observasi lapangan, orang utan tersebut berusia 20 tahun.

Halaman Selanjutnya
img_title