Adat Mopotilolo Sambut Kedatangan Ismail Pakaya di Gorontalo

Adat mopotilolo sambut Ismail Pakaya di Gorontalo
Sumber :
  • Haris / Kominfotik

Gorontalo – Setelah resmi menyandang gelar sebagai Penjabat Gubernur Gorontalo yang baru, Ismail Pakaya langsung bertolak ke Gorontalo sehari setelah dirinya dilantik.

Sampah di GORR Bikin Pusing, Kepala BPJN Curhat ke Penjagub Gorontalo

Ismail bersama istrinya Fima Agustina, tiba di Bandara Djalaludin Gorontalo pada Sabtu (13/5/2023) sekitar pukul 08.05 WITA.

Setelah tiba di bandara, Ismail bersama istrinya dibawa ke VIP bandara lama untuk menjalani prosesi adat Mopotilolo, yang bermakna bahwa Ismail Pakaya telah memperoleh restu dari masyarakat Gorontalo dan bisa bertugas di Gorontalo.

Angka Bunuh Diri di Gorontalo Tinggi, Penjagub Minta Khutbah Larangan Bunuh Diri di Semua Masjid

Meskipun ini bukan kedatangan pertamanya di Gorontalo, adat Mopotilolo tetap harus dijalani sebelum memulai tugasnya sebagai Penjabat Gubernur Gorontalo yang baru.

Prosesi adat Mopotilolo ini dilaksanakan oleh para pemangku adat U Duluwo Limo Lo Pohalaa (dewan adat dari lima negeri adat Gorontalo).

Mulai 10 Juli 2023, Siswa SMA/SMK di Gorontalo Hanya Sekolah 5 Hari dalam Sepekan

Dalam proses penyambutan adat ini, turut diiringi dengan tabuhan genderang alat musik tradisional, dan juga  tarian Langga yang merupakan tarian perang di Gorontalo.

Setibanya Ismail Pakaya  di ruangan VIP, prosesi Mopotilolo dimulai dengan penyerahan persembahan adat berupa minuman dan makanan tradisional.

Halaman Selanjutnya
img_title