Adat Mopotolungo Antarkan Hamka yang Telah Purna Tugas

Ismail pakaya diantar dengan adat mopotulungo
Sumber :
  • Alfred

GorontaloPenjabat Gubernur Gorontalo periode 2022-2023, Hamka Hendra Noer, jalani prosesi adat Mopotolungo menjadi tanda tugasnya sebagai penjabat gubernur telah selesai. Upacara adat tersebut dilaksanakan di rumah dinas Wakil Gubernur Gorontalo, Minggu (14/05/23).

Mulai 10 Juli 2023, Siswa SMA/SMK di Gorontalo Hanya Sekolah 5 Hari dalam Sepekan

Adat Mopotolungo sendiri adalah prosesi mengantarkan pejabat (pemimpin daerah) yang telah selesai masa tugasnya, dari rumah jabatan ke kediaman pribadi.

Pelaksanaan upacara adat Mopotolungo dimulai dengan prosesi mopo maklumu deta tombulowo yang memiliki arti memaklumkam kepada pembesar negri bahwa prosesi adat akan segera dimulai.

Sapi Kurban Bantuan Jokowi di Gorontalo Nyaris 1 Ton, Ini Jenisnya

Upacara adat kemudian dilanjutkan dengan prosesi mopodungga lo adati potidungu, atau yang bermakna adat berjenjang turun dari wakil keluarga kepada pemangku adat selaku penanggungjawab prosesi Mopotolungo.

Selanjutny Hamka bersama istri drg. Gamaria Purnamawati Monoarfa, dijemput dari kamar oleh pemangku adat menuju tempat duduk adat. 

Ismail Pakaya 'Sorong' Sebagian Anggaran Renovasi Rudis untuk Renovasi Kantor Gubernur Gorontalo

Setelah prosesi mohudu tonggota atau penyerahan pelaksanaan upacara Mopotolungo, dari pemangku adat Hulondalo ke pemangku adat Limboto, dan mopodungga lo adati dudelo, Hamka bersama istri meninggalkan rumah jabatan Wakil Gubernur Gorontalo dengan diantarkan oleh Penjabat Sekdaprov Gorontalo Syukri J Botutihe bersama istri Mely Mohamad, juga jajaran organisasi perangkat daerah (OPD) dan Forkopimda Provinsi Gorontalo.

Upacara adat seharusnya dilanjutkan di kediaman pribadi Hamka bersama Istri, namun berhubung kediaman pribadi keduanya berada di Jakarta, maka prosesi adat berakhir di rumah jabatan wakil gubernur.

Halaman Selanjutnya
img_title