Nenek Moyang Orang Amerika Berasal dari Asia, Ini Buktinya

Ilustrasi genetika
Sumber :
  • Pixabay

Gorontalo – Hasil studi genetika baru baru ini mengungkapkan beberapa fakta tentang nenek moyang orang-orang Amerika. Disebutkan bahwa manusia pertama yang tiba di daratan Amerika berasal dari Cina.

Pimpinan Ponpes Al Zaytun Panji Gumilang Berulah Lagi, Kini Mengaku Komunis

Dahulu orang-orang mempercayai bahwa nenek moyang orang Amerika berasal dari Siberia Kuno, yang melakukan perjalanan menyebrangi jembatan alami yang ada di Selat Bering. Jembatan tersebut menghubungkan antara Rusia moderen dengan Alaska.

Dilansir dari VIVA.co.id yang mengutip dari The Guardian, Rabu, 17 Mei 2023, penelitian terkini mengungkap nenek moyang Amerika itu tiba dalam dua migrasi berbeda selama dan setelah zaman es terakhir. 

Coach Justin Puji Shin Tae-yong Usai Timnas Indonesia U-23 Lolos Perempat Final: Anda Luar Biasa

“Temuan kami menunjukkan bahwa selain sumber leluhur penduduk asli Amerika di Siberia yang telah diindikasikan sebelumnya, pesisir utara China juga berfungsi sebagai reservoir genetik yang berkontribusi pada kumpulan gen," kata Yu-Chun Li, salah satu penulis laporan tersebut.

Li menambahkan selama migrasi kedua garis keturunan yang sama menetap di Jepang. Hal ini dinilai dapat membantu menjelaskan kesamaan pada mata panah dan tombak prasejarah yang ditemukan di Amerika, China, dan Jepang.d

Marselino Ferdinan Ungkap 3 Hal Ini Bikin Timnas Indonesia U-23 Gacor Pol Lawan Yordania U-23

Penelitian yang dilakukan sejak akhir 2000an dan yang masih akan berlanjut ini, menjadi pengingat bahwa sumber-sumber gen yang beragam dari Asia yang dapat dihubungkan dengan garis keturunan kuno.

Hal ini disebut jadi pemicu populasi di seluruh Amerika, termasuk Bolivia, Brasil, Chile, Ekuador, Meksiko, dan California, AS.

Halaman Selanjutnya
img_title