Drakor Jadi Tontonan Favorit Mayoritas Orang Indonesia Sepanjang Tahun 2022

Ilustrasi Drakor
Sumber :
  • Netflix

Gorontalo – Sepanjang 2022 film dan serial yang banyak di tonton oleh masyarakat Indonesia adalah Drakor. Menurut Survei Jakpat Drakor sebagai pilihan terfavorit pada layanan OTT ( over the top) dengan persentase 72 persen. 

5 Kegiatan Mengisi Libur Lebaran, Nomor 5 Susah-susah Gampang

Disusul dengan film dalam negeri di peringkat kedua dengan jumlah presentase 69 persen. Selanjutnya disusul peringkat tiga hingga lima diisi oleh film-film yang berasal dari negara maju lainnya. 

Seperti halnya yang berasal dari Amerika Serikat (60 persen), Britania Raya (46 persen), dan Jepang (42 persen). Berikutnya di tempatkan dengan film-film yang berasal dari Eropa (32 persen), China (28 persen), Thailand (26 persen), dan India (18 persen).

Bulan Ramadan: Pengeluaran Terbesar Orang Indonesia untuk Ibadah, Benarkah?

"Korea Selatan dan Indonesia menjadi negara asal film dan serial yang paling banyak ditonton oleh penonton platform streaming, khususnya (pada generasi) Milenial," tulis Jakpat dalam deskripsi laporannya 27 Januari lalu.

"Film Amerika Serikat lebih populer pada kalangan Gen X, sementara Gen Z dan Milenial lebih banyak memilih film berasal dari Inggris ketimbang Gen X." 

Film Action Jadi Tontonan Paling Populer Generasi X di Indonesia

Meski begitu untuk film Indonesia masih menjadi favorit jika dilihat berdasarkan generasi yang ada, seperti kalangan Gen X (kelahiran tahun 1965 - 1980) dan Gen Z (1997-2012). Presentase yang lebih tinggi dengan masing-masing sebesar 72 persen dan 69 persen.

Beda halnya persentase film Korea Selatan yang menjadi pilihan film favorit mereka dengan masing-masing memiliki jumlah presentase sebesar 70 persen dan 68 persen. 

Halaman Selanjutnya
img_title