Misi Pendeta Muda Merawat Perdamaian Lewat Dongeng di Maluku

Eklin Amtor de Fretes pendiri Rumah Dongeng Damai
Sumber :
  • Satu Indonesia

VIVA Gorontalo – Tahun 2017, Eklin Amtor de Fretes, pemuda asal Maluku mendirikan program Youth Interfaith Peace Camp. Program ini bertujuan untuk berbagi nilai-nilai perdamaian serta menghidupkan perdamaian lewat kreatifitas.

8 Tips Ini Hadapi Orang yang Mudah Tersinggung: Komunikasi yang Bijak Adalah Kunci

Eklin mendirikan program ini bukan tanpa sebab. Berangkat dari konflik Maluku tahun 1999, 90 pemuda lintas iman di Maluku (Islam, Kristen, Katolik, Agama Suku Nuaulu) diajak dalam program tersebut.

Dia juga memiliki tim relawan Jalan Merawat Perdamaian (JMP) yang membantunya menjalankan misinya.

Terapkan 7 Strategi Belajar Ini pada Anak-anak, Dijamin Efektif dan Menyenangkan

Sedikit tentang konflik Maluku Tahun 1999. Orang-orang sering menyebutnya konflik antaragama; antara Islam dan Kristen. Meski pada kenyataannya, latar belakang konflik tersebut terbilang kompleks.

Puncaknya dari konflik tersebut ialah telah terjadi serangan terhadap Gereja Silo yang berada di tengah pusat Kota Ambon pada 26 Desember 1999 silam. 

3 Zodiak yang Tetap Memiliki Sifat Anak-Anak Meskipun Sudah Dewasa

Di hari yang sama, ratusan umat muslim di Masjid Desa Tobelo juga terbunuh oleh umat Kristen. Hal ini memperparah konflik.

Konflik bernuansa SARA ini menyadarkan berbagai pihak untuk segera mengatasinya. Upaya perundingan damai antara pihak yang bertikai dirangkum dan disepakati lewat perjanjian Malino II.

Halaman Selanjutnya
img_title