BMKG Prediksi Angin Kencang Terjadi di Beberapa Wilayah di Indonesia

Ilustrasi angin kencang
Sumber :
  • Pexel

Gorontalo – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksikan hujan lebat yang disertai petir dan angin kencang terjadi di beberapa wilayah di Indonesia pada Kamis 11 Mei 2023.

Prakiraan Cuaca Gorontalo Besok 24 Januari 2024

Dilansir dari Antara News, yang mengutip dari situs BMKG di Jakarta, diperkirakan wilayah di Sumatra Barat, Bengkulu, Jambi, Sumatra Selatan, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua, berpotensi terjadi hujan lebat dengan intensitas lebih dari 55 milimeter (mm) per hari.

Sedangkan potensi hujan disertai petir diprediksikan terjadi di Bengkulu, Jambi, Sumatra Selatan, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Maluku Utara, Maluku, dan Papua Barat. 

Prakiraan Cuaca Gorontalo 23 Januari 2024: Sebagian Besar Wilayah Cerah 

Selain itu, BMKG juga mengingatkan beberapa wilayah yang berpotensi terjadi banjir yakni Sumatra Selatan, Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Maluku Utara, Maluku, Papua, dan Papua Barat

Adapun wilayah Sumatra Selatan, Lampung, Banten, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan, Sulawesi Barat dan Maluku berpotensi mengalami angin kencang.

Prakiraan Cuaca Gorontalo Senin 22 Januari 2024, Cek Sebelum Kehujanan

Sementara itu, tekanan rendah terpantau di wilayah Wilayah Samudra Hindia barat Sumatra yang membentuk daerah perlambatan kecepatan angin (konvergensi) sepanjang Sumatra Barat, dan dari Lampung sampai perairan barat Lampung.

Sedangkan di Laut Sulawesi dan di Papua sampai Papua Barat, sirkulasi siklonik terpantau hingga membentuk konvergensi yang memanjang di Maluku, Papua Barat, dan Papua. 

Halaman Selanjutnya
img_title