Kesultanan Tidore Beri Gelar Adat Pangeran untuk Wapres Ma’ruf Amin

Ma’ruf Amin (kanan) pada saat upacara pemberian gelar
Sumber :
  • VIVA

Gorontalo – Wakil Presiden (Wapres) RI, Ma’ruf Amin menerima gelar kehormatan adat sebagai pangeran, dari Kesultanan Tidore pada Kamis 11 Mei 2023. Gelar tersebut diberikan langsung oleh Sultan Tidore H. Husain Sjah di Kedaton Kesultanan Tidore, Maluku Utara

Wapres Ma'ruf Amin Buka Suara, Kecam Aksi Brutal OPM Papua: Tindak Tegas

Gelar yang Ma’ruf Amin dapatkan tersebut adalah gelar Nau Manyira Ngofa Kadato Nyili Gulu Gulu Kesultanan Tidore, yang memiliki arti Pangeran Sulung Anak Adat Kesultanan Tidore di Wilayah Jauh.

Upacara pemberian gelar adat tersebut, dimulai dengan pembacaan Surat Keputusan Sultan Tidore, oleh Hukum Soasio (Menteri Dalam Negeri) Kesultanan Tidore.

Penjual Takjil di Kawasan Masjid Baiturrahman Protes Kunjungan Ma'ruf Amin: Kami Nanti Rugi

Kemudian acara penganugerahan dilanjutkan dengan pemakaian baju adat Kesultanan Tidore, yakni baju Belah Dada dan topi Besu, kepada Ma’ruf Amin. Selanjutnya, dilakukan prosesi Pengukuhan Penganugerahan Gelar Adat kepada Ma’ruf Amin oleh Sultan Tidore.

“Pada hari ini saya Sultan Tidore H. Husain Sjah mengukuhkan Bapak Prof. Dr. K. H. Ma’ruf Amin sebagai Nau Manyira Ngofa Kadato Nyili Gulu Gulu Kesultanan Tidore. Yang artinya Pangeran Sulung Anak Adat Kesultanan Tidore di Wilayah Jauh. Insyaallah, Allah SWT meridai dan memberkahi kita semua,” ucap Sultan Tidore H. Husain Sjah dalam keterangan resminya.

Ma'ruf Amin Akan Kunjungi 2 Lokasi di Limboto, Penjual Takjil Boleh Jualan Mulai Pukul 15.00

Ma’ruf Amin usai menerima Penganugrahan Gelar Adat tersebut, dalam keterangannya ia memberikan ucapan terima kasih atas pemberian gelar kehormatan adat yang ia terima dari Kesultanan Tidore.

“Saya mengucapkan terima kasih bahwa saya mendapatkan gelar penghormatan yang disebut sebagai Nau Manyira Ngofa Kadato Nyili Gulu Gulu Kesultanan Tidore, yang artinya Pangeran Sulung Anak Adat Kesultanan Tidore di Wilayah Jauh,” jelas Ma’ruf Amin.