Putuskan Sistem Pemilu 2024, 9 Hakim MK Gelar Rapat Tertutup

Pengambilan sumpah hakim Mahkama Konstitusi 2023-2028
Sumber :
  • viva.co.id

Gorontalo – 9 hakim konstitusi akan menggelar Rapat Permusyawaratan Hakim (RPH) untuk membahas dan memutuskan uji materi sistem Pemilu proposional terbuka. 

Jabatan Nelson Pomalingo Sebagai Bupati Gorontalo Bisa Sampai 2026, Kok Bisa?

Hal tersebut disampaikan oleh juru bicara (jubir) Mahkama Konstitusi (MK) Fajar Laksono.

Fajar menjelaskan bahwa jadwal pelaksanaan RPH yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat tersebut, akan ditentukan oleh kepaniteraan MK.

Daftar Nama Bacaleg PPP 2024, Kader Milenial 17,5 Persen

"Saya belum bisa menyampaikan karena dari kepaniteraan belum menjadwalkan, mudah-mudahan dalam waktu dekat, bahkan mungkin di hari libur, bisa jadi," kata Fajar di Gedung MK, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu, 31 Mei 2023.

Fajar menjelaskan, hari ini adalah hari terakhir batas akhir para pihak yang berperkara dalam uji materi sistem pemilu menyerahkan kesimpulan. 

Parah! Puluhan Pejabat Pemkab Kepulauan Meranti Juga Kena OTT KPK, Susul Bosnya

Dari 17 pihak yang berperkara, lanjut Fajar, sebanyak 10 pihak sudah menyerahkan kesimpulan. 

"Sesuai dengan persidangan terakhir hari ini kan para pihak semua pihak diminta menyerahkan kesimpulan, deadline-nya jam 11 hari ini. Tadi saya dapat informasi ada kurang lebih 10 kesimpulan sudah diserahkan dari sekitar 17, termasuk yang sudah masuk dari pemohon dan dari pemerintah, 8 pihak terkait. Tentu yang belum menyerahkan sampai deadline jam 11 tetap diterima tapi diberikan catatan diserahkan melebihi deadline," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
img_title