Gunung Karangetan Sulut Masuki Level Siaga III, Masyarakat Diminta untuk Waspada

Gunung Karangetan, Sulut
Sumber :
  • bnpg.go.id

Sulut, VIVA Gorontalo – Aktifitas erupsi Gunung Karangetan saat ini berpotensi menjadi ancaman bahaya. Masyarakat di Kabupaten Kepulauan Sitaro, Provinsi Sulawesi Utara, yang tinggal di sekitaran Gunung Karangetan diimbau untuk waspada. 

5 Kemungkinan Rahasia Masker Hanzo Sang Salamander di Naruto

Badan Geologi Kementerian ESDM meminta agar masyarakat mematuhi protokol yang berlaku.

"Aktivitas erupsi Gunung Karangetang secara visual, instrumental dan potensi ancaman bahaya masih tinggi sehingga tingkat aktivitasnya masih pada level III atau siaga," kata Kepala Badan Geologi, Sugeng Mujiyanto dalam evaluasi Gunung Karangetang periode 23-30 Juni 2023 yang dibagikan Ketua Pos Pengamatan Gunung Api, Yudia P Tatipang dalam grup percakapan di Manado, Kamis, 6 Juli 2023.

Performa Gianluca Pandeynuwu Jadi Sorotan, Leonardo Medina Buka Suara

Masyarakat, pengunjung, wisatawan ataupun pendaki tidak diperbolehkan beraktivitas dan mendekati area dalam radius 2,5 km dari kawah utama (selatan) dan kawah dua (utara) pada tingkat aktifitas level III.

Tidak hanya itu, di radius 3,5 kilometer pada sektor barat daya, selatan dan tenggara masyarakat juga dilarang mendekat, terutama pada level siaga saat ini.

Pelaku Pemerkosa dan Pembunuhan Balita di Kotamobagu Diancam 15 Tahun Penjara

Penggunaan masker penutup hidung dan mulut juga dianjurkan untuk digunakan oleh masyarakat di sekitar Gunung Karangetang. 

Hal ini dilakukan guna untuk mengantisipasi bahaya gangguan saluran pernapasan jika terjadi hujan abu.

Halaman Selanjutnya
img_title