Jadwal Keberangkatan Jemaah Haji dari Mina Telah Ditetapkan

Ilustrasi jemaah haji
Sumber :
  • Lutfi Dwi Pujiastuti / MCH 2023

Arab Saudi, VIVA Gorontalo – Keberangkatan jamaah haji dari Mina ke Masjidil Haram di Mekkah telah ditetapkan oleh pihak yang berwenang. 

Layanan Haji di Fase Puncak Bermasalah, Kemenag Layangkan Protes

Wakil Menteri Haji dan Umrah, Dr Abdelfattah Mashat mengatakan bahwa para jemaah haji tersebut oleh pihak terkait telah dibuatkan dalam kelompok-kelompok untuk nantinya diberangkatkan sesuai jadwal yakni Jumat dan Sabtu (12 dan 13 Zulhijah).

Pembagian para jemaah dilakukan dalam kelompok-kelompok yang proposional, guna menghindari kemacetan di Jembatan Jamarat di Mina. 

Jemaah Haji Diminta Waspadai Cuaca 41 Derajat Celcius

Pembagian kelompok tersebut juga memastikan kelancaran pergerakan mereka ke Masjidil Haram untuk melakukan Tawaf Al-Wida (perpisahan keliling).

Dikutip dari Saudi Gazette, rencana ini telah disetujui dan berhasil diterapkan selama musim haji dengan kapasitas penuh sebelum pecahnya pandemi virus corona.

Punya Masalah dengan Tetangga, Seorang Jamaah Tidak Bisa Melihat Kabah di Tanah Suci

“Rencana ini memberikan dampak yang besar dan hasil yang positif dengan mengklasifikasikan kelompok jemaah berdasarkan slot waktu yang berbeda. Rencana pengelompokan ini akan memberikan kontribusi untuk memberikan tingkat keselamatan dan keamanan tertinggi bagi para jemaah, dan menghindari kepadatan yang berlebihan saat melakukan ritual lempar jumrah di Jembatan Jamrat,” katanya, dikutip VIVA Sabtu, 1 Juli 2023.

Lebih lanjut terkait pelemparan jumrah yang akan dilakukan para jemaah, wakil menteri menjelaskan bahwa mekanisme tersebut bergantung pada penjadwalan jumrah di Jamarat yang dimulai sejak Rabu dini hari, pada 10 Zulhijah.

Halaman Selanjutnya
img_title