Kisruh Dugaan Perselingkuhan Bupati, AJI Kota Gorontalo Imbau Pihak Terkait Hormati Kemerdekaan Pers

Sikap AJI Kota Gorontalo soal kisruh dugaan perselingkuhan bupati
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Gorontalo – Mengutip pemberitaan berjudul “Syam T. Ase Resmi Laporkan Salah Satu Media ke Polres Gorontalo” oleh Kontras.id yang diterbitkan pada Senin (14/8/2022), bahwa Syam T. Ase, melaporkan salah satu media buntut dari pencatutan namanya selaku Ketua DPRD Kabupaten Gorontalo dan kader Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dalam pemberitaan terkait dugaan perselingkuhan seorang kepala daerah. Menurut Syam, media tersebut merugikan dirinya karena tidak mengonfirmasi langsung kepadanya. 

133 Pemangku Adat di Kabupaten Gorontalo Bakal Terima Honor Per Bulan hingga Umroh dari Pemerintah

Berita lainnya, “Polisi Dalami Laporan Kasus Pencemaran Nama Baik Bupati Gorontalo” oleh Kompas.tv yang diterbitkan pada Senin (14/8/2023), Bupati Kabupaten Gorontalo melalui kuasa hukumnya melaporkan seorang perempuan berinisial IA karena dituding mencemarkan nama baik melalui pernyataannya pada media-media terkait dugaan perselingkuhan.

Sementara itu perempuan berinisial EH dalam berita “Merasa Difitnah Elha Laporkan Media Online Dan Beberapa Orang Lainnya Ke Polres Gorontalo” oleh Relatif.id, juga melaporkan media dengan tuduhan fitnah kepada dirinya terkait dengan kasus yang sama.

Roni Sampir Sebut Adat dan Budaya Tergerus Zaman: Menghormati Orang Lain Mulai Tidak Ada 

Munculnya berita-berita ini mengingatkan kembali pada kejadian-kejadian yang sama sebelumnya, yakni tidak digunakannya mekanisme sengketa pers walaupun ia telah diatur dalam UU Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers.

Hal ini berpotensi untuk mencederai kemerdekaan pers sebagai salah satu wujud demokrasi dan Hak Asasi Manusia.

13.627 Petugas Pemilu 2024 di Kabupaten Gorontalo Telah Terdaftar JKN 

Selain itu, AJI Kota Gorontalo juga menyoroti tentang kualitas konten pers dalam pemberitaan dugaan kasus perselingkuhan kepala daerah ini, bahwa media jangan tergiur dengan faktor sensasionalnya. Karena berita-berita sensasional cenderung akan mengabaikan kepentingan publik.

Menanggapi hal ini, Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Gorontalo sebagai organisasi profesi konstituen Dewan Pers, menyatakan:

Halaman Selanjutnya
img_title