Bakal Roadshow Se Indonesia, Ini Strategi Buku Warung Bantu Pertumbuhan Digital UMKM

Buku warung
Sumber :
  • Google

GorontaloBuku Warung melaksanakan roadshow ke ratusan kota dan kabupaten di Indonesia. Kegiatan tersebut dalam rangka mendukung literasi keuangan digital masyarakat serta perluasan pengembangan inklusi ekonomi keuangan kepada para palaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Tak Bisa Nonton PSIS Semarang di Stadion, Panser Biru Bikin Petisi

Dilansir dari Info Komputer, kota Jakarta menjadi acara flagship pertama dari 241 pertemuan Kopi Darat (KopDar) merchant. Kenapa dikatakan KopDar, karena Buku Warung akan melakukan kegiatan pemberdayaan UMKM secara offline atau bertatap muka langsung dengan para pelaku usaha. 

Flagship kedua rencananya akan dilakukan di bulan Februari dan Maret, di kota Medan, Bandung, Pekan Baru dan Lampung. Dengan terselenggaranya kegiatan ekonomi digital oleh Buku Warung diharapkan semakin banyak UMKM yang dapat berpartisipasi dalam ekosistem ekonomi digital sehingga bisa naik level.

Pemprov Gorontalo Dorong Pelaku UMKM Punya Sertifikasi Halal

Apalagi rendahnya tingkat literasi digital UMKM menjadi salah satu tantangan di Indonesia. Tentunya kegiatan seperti ini akan sangat bermanfaat. 

Berdasarkan hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) yang digelar Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di tahun 2022 tingkat literasi keuangan masyarakat Indonesia masih ada di angka 46,68 persen. 

Ditanya Soal UMKM, Prabowo Sempat Terdiam

Begitupun dengan indeks literasi di wilayah pedesaan masih di belakang indeks wilayah perkotaan yaitu 48,43 persen dibandingkan wilayah perkotaan 50,52 persen. Hingga saat ini baru ada 20,5 juta UMKM dari 65 juta yang sudah masuk ke dalam ekosistem digital. 

Karena itu lah, kita tidak bisa mengherankan bahwa masih banyak pelaku UMKM yang belum menikmati manfaat dari pertumbuhan ekonomi digital. 

Halaman Selanjutnya
img_title