Kalahkan Shopee, Tokopedia Jadi Aplikasi Belanja Online Favorit Orang Indonesia Tahun 2022
- finderonly
Gorontalo – Pada masa pandemi Covid-19, kegiatan berbelanja online melalui e-commerce di Indonesia telah menjadi tren karena semakin meningkat. Bahkan setiap e-commerce selalu bersaing, untuk menghadirkan layanan dan diskon yang besar agar bisa menarik konsumen.
Menurut Statista, di Indonesia diprediksi tidak akan bisa berhenti berbelanja online dengan waktu dekat. Sesuai dengan data,masyarakat Indonesia sudah menghabiskan kurang lebih 6,6 miliar jam untuk belanja online selama setahun terakhir.
Namun, di tahun 2023 e-commerce juga akan sama dengan tahun-tahun sebelumnya yaitu diproyeksikan menjadi penopang ekonomi Indonesia. Menurut Ketua Dewan Pembina Asosiasi e-commerce Indonesia (idEA), Rudiantara meyebutkan bahwa ini berhubung dengan besarnya dominasi sektor terhadap pertumbuhan ekonomi digital.
“Lebih dari setengah ekonomi digital kita ini berasal dari e-commerce, sebetulnya. Bahkan tahun ini diperkirakan e-commerce bisa mencapai Rp600 - 700 triliun,” ungkap Rudiantara pada Senin 31 Januari 2023 lalu
Adapun data tersebut didapatkan berdasarkan proyeksi transaksi e-commerce oleh Bank Indonesia (BI) pada November 2022 silam. Diperkirakan, transaksi e-commerce pada tahun 2023 bisa mencapai Rp572 triliun.
Lalu e-commerce mana sajakah yang paling populer? Berikutnya, lima e-commerce yang paling banyak dikunjungi di tanah air pada periode Kuartal II/2022 menurut laporan Statista.
1. Tokopedia
Di Indonesian menurut Statista Tokopedia menjadi e-commerce yang paling banyak di kunjungi, pada tahun 2021 mencapai jumlah klik 135.08 juta, hingga kuartal kedua tahun 2022 makin meningkat, tercatat dengan jumlah sebesar 158.35 juta klik.
2. Shopee
Di susul dengan shopee yang berada di peringkat dua dalam catatan menurut Statista. Sebelumnya shopee mencapai dengan jumlah klik 127.4 juta dan untuk tahun 2022 tercatat dengan jumlah sebanyak 131,3 juta klik.
3. Lazada
Di posisi ketiga di tempati oleh Lazada dengan jumlah yang tercatat sebanyak 26.24 juta klik dalam periode kuartal ll tahun 2022 mengalami penurunan, tidak sama dengan tahun sebelumnya yang mencapai jumlah 30.52 juta klik.
4. Bukalapak
Aplikasi satu ini mengalami penurunan karena sebelumnya di tahun 2021, Bukalapak ini berada di peringkat ketiga. Tetapi untuk tahun 2022 Bukalapak berada di posisi keempat dengan jumlah sebanyak 21,3 juta klik.
5. Blibli
Sementara itu, Blibli tetap menempati posisi kelima sejak tahun 2021 dalam daftar situs e-commerce yang paling banyak dikunjungi berdasarkan laporan Statista. Pada kuartal kedua tahun 2022, jumlah klik dalam situs Blibli tercatat mencapai sekitar 19,74 juta klik.