Survei Cawapres Charta: Sandiaga Uno Ungguli AHY

Salahuddin Uno berikan pelatihan Santri Go Digital
Sumber :
  • ANTARA/Pradita Kurniawan syah

Gorontalo – Sandiaga Salahuddin Uno mantan politikus Partai Gerindra tersebut, duduki peringkat teratas pada survei calon wakil presiden (cawapres) yang diadakan oleh lembaga survei Charta Politika Indonesia.

Tahapan Pindah Memilih Pemilu 2024 Berakhir Hari Ini, 7 Februari 2024

Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya memaparkan hasil temuan survei Charta Politika Indonesia, jika pemilu presiden-wakil presiden diadakan sekarang.

Dalam simulasi yang melibatkan sembilan kandidat calon wakil presiden tersebut, survei Charta Politika Indonesia menunjukkan sebanyak 19,8 persen suara yang mendukung Sandiaga Uno sebagai cawapres pada ajang pemilihan umum (pemilu) 2024 mendatang.

KPU Kabupaten Gorontalo Deteksi 1.864 Wajib Pilih Belum Rekam e-KTP

"Kalau kita lihat nomor satu ada nama Sandiaga Uno di angka 19,8%; saya pikir, ini dikarenakan investasi elektoral yang sudah dimiliki oleh Sandiaga pada pemilu sebelumnya," kata Yunarto dalam rilis secara virtual, Senin, 15 Mei 2023.

Posisi kedua disusul oleh Ridwan Kamil yang memperoleh 18,4 persen dukungan, dan Mahfud MD memperoleh 15,2 persen. 

13.627 Petugas Pemilu 2024 di Kabupaten Gorontalo Telah Terdaftar JKN 

Persentase elektabilitas Mahfud tidak terlalu jauh berbeda dengan dua nama teratas yang biasanya jauh sekali dengan nama-nama yang lain, di antaranya dari Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Erick Thohir, Khofifah Indah Parawansa, dan Muhaimin Iskandar. 

Perolehan dukungan terhadap AHY, sang Ketua Umum Partai Demokrat, menurut Yunarto, menempati posisi keempat dengan perolehan suara 10,9 persen. Posisi kelima diisi oleh Menteri BUMN Erick Thohir dengan 9,2 persen perolehan suara. Khofifah menempati posisi keenam dengan perolehan suara 5,8 persen, disusul oleh Muhaimin Iskandar yang menempati posisi ketujuh dengan 3,5 persen perolehan suara. 

Halaman Selanjutnya
img_title