Tilang Manual Kembali Berlaku, Polda Metro Berikan Bantah ETLE Tak Efektif

Dirlantas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi M. Latif Usman
Sumber :
  • VIVA/Foe Peace Simbolon

Gorontalo –Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya memberikan bantahan terkait kurang efektifnya Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) atau tilang elektronik, karena memberlakukan kembali tilang manual.

Mario Dandy Jadi Tersangka Pencabulan, Ancaman 15 Tahun Penjara Menunggu

Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Latif Usman bahkan memastikan bahwa penerapan ETLE sudah sangat efektif. Oleh karena itu, ia menjelaskan bahwa penerapan kembali tilang manual ini merupakan bentuk pengembangan sistem dari ETLE itu sendiri.

“Jadi tilang ETLE ini sangat efektif ya, bukannya tidak efektif. Dan itu memang pengembangan yang harus kita kembangkan ke depan untuk istilahnya sistem ini harus dibangun untuk menjaga kenyamanan, keamanan bersama, keselamatan masyarakat, itu pakai ETLE ,” kata Latif kepada media, Kamis, 18 Mei 2023.

Sah! Mario Dandy Jadi Tersangka Pencabulan 

Dia menambahkan, diterapkannya kembali tilang manual itu disebabkan karena beberapa ruas jalan memang masih belum terakomodir dengan sistem ETLE tersebut.

"Ada beberapa ruas jalan yang belum ter-cover oleh ETLE , baik ETLE mobil atau ETLE statis. Sehingga ada pemberlakuan tilang manual," ujarnya . 

Kapolri Minta Praktik Uji SIM Dievaluasi, Angka 8 dan Zig-Zag akan Dihapus?

Latif pun tak lupa berterima kasih kepada Pemprov DKI Jakarta, atas hibah miliaran rupiah yang diberikan dalam upaya penerapan sistem ETLE di jalanan ibu kota. 

“Hibah yang dikeluarkan oleh Pemrov DKI ini sangat mendukung sekali, dan ini harus dikembangkan,” kata Latif.

Halaman Selanjutnya
img_title