Menjadi Kota Termiskin di Jawa, Penduduk Yogyakarta Tetap Bahagia

Tugu Jogja
Sumber :
  • kota jogja

Gorontalo – Nama Yogyakarta sudah tidak asing lagi untuk masyarakat Indonesia, karena selain menjadi kota yang terkenal ragam dan budayanya, Yogyakarta juga dijuluki sebagai kota perjuangan dan kota pelajar.

Penjagub Gorontalo Ismail Pakaya Akan Evaluasi Gaji PTT: Harusnya Sesuai UMP

Selain itu, Yogyakarta juga merupakan ibukota sekaligus pusat pemerintahan dan perekonomian dari Daerah Istimewa Yogyakarta. Yang selalu mempertahankan tradisional dan budaya Jawa. 

Saat sedang memikirkan kota ini pasti akan terlintas beberapa keunikan yang dimiliki oleh kota tersebut. Tapi tahukah kamu, kalau saja kota Yogyakarta ini dianggap sebagai kota termiskin, kenapa? 

Ribuan Ojol Dukung Anies Baswedan di Pilpres 2024: Nasib Kami Selama Ini Kurang Baik

Dilansir dari akun Instagram @investstocks.indonesia bahwasanya Upah Minimum Pemerintah (UMP) di Yogya sangat kecil dan pernah menjadi yang terendah di Indonesia pada tahun 2021, yaitu Rp. 1.765.000. 

Pada tahun 2023 UMP Yogyakarta naik sebesar Rp. 1.982.782. Meski begitu, menurut sekjen Aliansi Buruh Yogyakarta (ABY) kinardi, UMP  yang rasional bagi masyarakat Yogyakarta adalah Rp2,3juta hingga Rp2,6 juta berdasarkan survei yang ia lakukan. 

Cerita Fachriel Djou, Si 'Anak Bawang' dari Gorontalo yang Bakal Tampil di IFW 2023

Menurut Badan Pusat Statistik (BPS) tingkat kemiskinan Yogyakarta mencapai 11,49%, jumlah orang miskin mencapai 463.460 lebih banyak dibandingkan pada bulan Maret yang mencapai 457.760 orang. 

Angka inilah yang menjadikan kota Yogyakarta sebagai kota termiskin di Pulau Jawa.

Halaman Selanjutnya
img_title