5 Tips Menabung Ala Orang Jepang, Tetap Milenial meski Cara Manual

Ilustrasi menabung
Sumber :
  • pexels

Gorontalo – Di era milenial seperti sekarang, menabung adalah salah satu kebiasaan yang perlu diperhatikan. Tentu dengan cara yang canggih dan berbasis digital. Karena sekarang ini, semua aktivitas bisa dilakukan secara online.

Cerita Fachriel Djou, Si 'Anak Bawang' dari Gorontalo yang Bakal Tampil di IFW 2023

Lalu apakah menabung secara manual tidak relavan lagi dengan kehidupan yang serba digital seperti sekarang? Jawabannya masih. Bagaimana caranya? 

Di Jepang ada yang dikenal dengan sebutan Kakeibo. Kakeibo sendir mempunyai arti catatan keuang rumah tangga. Metode ini digunakan oang Jepang mencatat keuangan dengan cara manual; hanya modal buku dan pulpen.

Me'eraji: Tradisi Orang Gorontalo Mengenang Peristiwa Israk Mikraj Semalam Suntuk 

Mengapa demikian? Karena dengan metode Kakeibo kita bisa lebih memahami dan mengamati seluruh pengeluaran dan pemasukkan keuangan kita.

Tapi, yang namanya manual, pasti sulit terhindari yang namanya godaan. Supaya Kakeibo ini berjalan lancar alangkah baiknya lakukan hal-hal berikut ini:

1. Cermat dalam berbelanja

Kisahnya Pernah Diangkat ke Layar Lebar, Ternyata Ini Transgender Pertama di Dunia

Orang Jepang biasanya teliti sebelum membeli sesuatu. Ini akan menghabiskan cukup banyak waktu. Ini bukan karena pelit atau takut kehilangan sepeser uang. 

Halaman Selanjutnya
img_title